10 Juli 2012

Apa bahaya virus rabies?

Dok, apa bahaya virus rabies? Apakah betul virus rabies menular lewat anjing?



Virus rabies menyebabkan penyakit rabies. Penyakit ini, pada tahap awal ditandai dengan gejala tidak nyaman, gugup, cemas, tidak bisa tidur, depresi, tidak peduli. Gejala lain berupa nyeri pada lokasi gigitan, demam, menggigil, radang tenggorokan, sakit kepala, mual dan muntah.



Pada tahap lanjut, gejala penyakit rabies semakin berat dan parah. Gejalanya berupa bingung, halusinasi, disorientasi, hiperaktif, meronta-ronta, hendak menggigit, lumpuh, kemudian koma. Biasanya, penyakit berakhir dengan kematian.



Paling sering virus rabies ditularkan oleh anjing yang terinfeksi rabies (anjing gila). Setelah berhasil masuk tubuh melalui gigitan anjing, virus akan menyerang serabut saraf. Beberapa saat kemudian, virus akan bergerak menuju sistem saraf pusat, yaitu otak dan sum-sum tulang belakang, dan menimbulkan kerusakan di daerah tersebut.



Untuk mencegah terkena penyakit rabies, sesaat setelah digigit anjing pengidap rabies, penderita harus segera diimuniasai (imunisasi pasca terpapar). Imunisasi juga dapat diberikan pada orang yang belum tergigit yang tinggal di daerah banyak kasus penyakit rabies (imunsiasi sebelum terpapar).



Semoga bermanfaat ;)