28 Juli 2012

Sel yang diserang oleh virus HIV

Dok, sel apa sebenarnya yang diserang oleh virus HIV?



Sel yang diserang oleh virus HIV adalah sel CD4. Sel ini termasuk golongan sel darah putih yang memiliki fungsi sangat penting dalam sistem pertahanan tubuh.



Peran sel CD4 adalah memulai terjadinya penyerangan terhadap bakteri, virus, atau mikroorganisme lain yang masuk ke dalam tubuh. Setelah serangan, mikroorganisme biasanya akan mati dan dilenyapkan dari tubuh.



Jika jumlah sel CD4 berkurang, maka mikroorganisme akan leluasa menginvasi tubuh. Akibatnya tubuh gampang mengalami infeksi. Penyakit yang ditimbulkan oleh kondisi ini disebut infeksi oportunistik.



Banyak sekali jenis infeksi oportunistik. Contoh yang paling sering mengenai penderita HIV adalah infeksi tuberkulosis, infeksi saluran napas, infeksi saluran cerna, infeksi saraf, dan penyakit kanker ganas.



Untuk mencegah timbulnya infeksi oportunistik pada penderita HIV/AIDS adalah menjaga kadar sel CD4 tetap tinggi. Caranya adalah dengan minum obat anti HIV secara teratur.



Kadar CD4 normal adalah berkisar antara 600 sampai 1200 sel per mm3 darah. Pada infeksi HIV yang tidak diobati, kadarnya jauh di bawah itu, bahkan dibawah angka 200.



Demikian, semoga bermanfaat :)



Tag: Sel yang diserang oleh HIV