11 Juli 2012

Ingin Punya Blog?

Anda suka menulis? Mengapa tidak mempublikasikannya di internet agar bisa dibaca orang lain?

Tulisan yang dipublikasikan di internet mempunyai banyak keuntungan dibanding dengan publikasi konvensional menggunakan kertas. Keuntungan pertama, pembaca tidak terbatas, dapat diakses oleh siapapun, dari benua manapun, kapanpun, sepanjang ada akses internet. Keuntungan kedua, relatif bebas biaya, dan keuntungan ketiga tulisan dapat dipublikasikan dengan cepat dalam hitungan detik, dapat diedit kapan saja, bahkan dapat dihapus setiap saat jika ada kekeliruan.

Terus bagaimana caranya agar bisa mempublikasikan tulisan di internet?

Caranya sangat mudah, Anda tinggal membuat sebuah blog. Blog adalah sebuah website yang fungsinya mirip-mirip dengan buku harian. Contoh blog adalah blog yang sedang Anda baca ini, www.CatatanDokter.com; contoh lain yaitu Qeysha dan Cabai Hijau.

Dalam sebuah blog, ada dua komponen penting, yaitu nama blog dan ruangan untuk menyimpan tulisan (hosting blog). Nama blog disebut juga domain blog, bisa Anda pilih sesuka hati sesuai dengan keinginan Anda, sepanjang nama tersebut belum diambil orang lain. Karena peraturanya adalah, tidak boleh ada nama blog yang sama di dunia ini. Untuk mengecek nama blog, Anda dapat melakukannya di sini www.Whois.net. Biaya pemeliharaan domain cukup murah, tidak sampai seratus ribu per tahun.

Sedangkan hosting blog, boleh ditempatkan di mana saja. Saat ini sudah banyak penyedia hosting lokal dengan biaya terjangkau. Kalau Saya, lebih suka menggunakan hosting gratis dari Google, yaitu Blogger. Selain tidak ada iklan, pengelolaannya pun sangat mudah.

Bisakah memperoleh uang dari blog?

Sangat bisa, kuncinya adalah pengunjung blog harus banyak. Analog dengan toko, semakin banyak pengunjung dan pembeli, tentunya semakin banyak penghasilannya.

Untuk memperoleh uang, ada berbagai macam cara, salah satunya adalah memasang iklan. Iklan berbayar tersebut dapat Anda peroleh di layanan Adsense milik Google. Biasanya, setelah mengajukan aplikasi pendaftaran Adsense, pihak Google akan mereview Blog Anda. Usahakan perbanyak tulisan berkualitas sebelum mengajukan pendaftaran.

Bagaimana cara mendapatkan sebuah blog?

Pertama kali Anda harus mencari nama domain, kemudian membelinya (sekitar seratus ribuan), kemudian mengeset hostingnya dan memilih templatenya.Langkah-langkahnya dapat dilihat di JogjaBlog.Com.