18 Mei 2012

Agar buang air besar tidak keras

Buang air besar keras akan menimbulkan banyak masalah. Selain dapat mencetuskan ambeien, memperberat ambeien yang sudah ada, juga dapat menyebabkan nyeri saat buang air besar .



Banyak cara alami agar buang air besar tak lagi keras. Berikut beberapa diantaranya:



1. Makan makanan yang banyak mengandung serat.



Serat adalah bagian dari tumbuhan yang tidak dicerna oleh usus. Bagian ini akan dikeluarkan dalam bentuk tinja.



Walaupun tidak dicerna, serat mempunyai fungsi penting, yaitu untuk mempertahankan air agar tetap berada di dalam usus, tidak diserap oleh tubuh semuanya. Dengan demikian, isi usus tetap ‘basah’ dan lunak. Selain itu, serat juga berfungsi sebagai pembentuk massa tinja, sehingga ‘kuota’ tinja lebih cepat tercapai dan buang air besar tidak terlambat.



Makanan yang banyak mengandung serat antara lain adalah sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan lain-lain.



2. Banyak konsumsi cairan



Cairan di sini bukan saja air putih, tapi beberapa jenis cairan yang lain. Bisa sirup, kuah sayur, jus buah, atau jus sayur (wortel, dll). Kebiasaan minum jus buah atau jus sayur adalah salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan cairan sekaligus kebutuhan serat.



3. Berolahraga secara rutin



Aktifitas fisik saat olahraga dapat membantu gerakan usus dan mempercepat transit tinja di dalam usus besar. Dua kejadian penting ini berguna untuk menjaga agar tinja tetap lunak.



4. Buang air besar teratur



Kebiasaan tidak menahan buang air besar dan buang air besar teratur, misalnya setiap hari, sangat dianjurkan. Tinja yang berlama-lama di dalam usus besar, kadar airnya akan terus berkurang karena terserap dinding usus, akibatnya tinja akan mengeras.



Demikian, semoga bermanfaat ...