21 Mei 2012

TBC Tulang

Tuberkulosis atau TB (dulu disebut TBC) adalah penyakit infeksi kronis yang disebabkan bakteri Mycobacterium tuberculosis.



Penyakit ini umumnya menyerang paru-paru dan menimbulkan berbagai macam gejala di organ tersebut. Mulai dari batuk berkepanjangan, kadang-kadang disertai darah, sesak napas, sampai nyeri dada.



Sebenarnya, selain paru-paru, kuman TB juga dapat menyerang organ tubuh lain. Kuman dapat bersarang di tulang, ginjal, rongga perut, sendi, selaput otak, atau kulit. TB jenis ini disebut TB ekstrapulmoner. Angka kejadiannya cukup tinggi, yaitu sekitar 35% dari seluruh kasus TB.



Tulang Belakang



Tulang yang paling banyak terkena adalah tulang belakang, disusul tulang panjang.



Gejala yang timbul pada TBC tulang belakang antara lain adalah nyeri punggung atau pinggang, abses (benjolan berisi cairan), sampai patah tulang. Bahaya patahnya tulang belakang adalah kerusakan serabut saraf sehingga terjadi kelumpuhan pada kedua kaki.



Jika tulang lutut atau tulang paha yang terkena, akan timbul sakit pada sendi, terutama jika digerakkan, gerakan tulang menjadi terbatas, dan pembengkakan sendi.



Pengobatan TB tulang hampir sama dengan pengobatan TB paru, yaitu dengan menggunakan obat-obat antituberkulosis seperti INH, rifampisin, pirazinamid, etambutol, dan lain-lain. Jika sudah ada gangguan pada daerah lokal, misalnya ada patah tulang, maka dapat dipasang fiksasi. Jika ada abses, abses dikeluarkan, dan seterusnya.



Semoga bermanfaat ....