07 Mei 2012

Agar selancar lebih berkualitas

Dunia maya seperti rimba raya yang berisi berjuta ragam hal. Mulai dari informasi, game, jejaring sosial, surat menyurat, perangkat lunak, belajar mengajar, telekonferensi, dan banyak lagi. Karena banyaknya hal yang bisa diakses, maka saat berselancar tidak jarang kita tersesat ke hal-hal sebenarnya tidak kita perlukan. Akibatnya, waktu kita terbuang sia-sia tanpa hasil berarti.



Untuk mencegah agar waktu tidak terbuang percuma, maka kita harus mengatur aktifitas internet. Berikut saran yang layak Anda coba agar ‘selancar dunia maya’ lebih berkualitas.


  1. Sebelum memulai aktifitas berinternet, rumuskan tujuan yang ingin dicapai. Misalnya, mencari informasi tentang diabetes, membuka email, menjawab pesan FB, atau mengecek twitter.

  2. Tetapkan kuota waktu untuk setiap tujuan. Misalnya untuk mencari informasi diabetes selama 30 menit, membuka email 10 menit, dan seterusnya. Jika ini menyulitkan, Anda dapat menetapkan kuota waktu secara keseluruhan, misalnya aktifitas internet pagi ini dibatasi selama satu jam.

  3. Patuhi apa yang telah dirumuskan pada point 1 dan 2. Tanpa kedisiplinan, maka teknik di atas tidak akan berguna.


Demikian, selamat berselancar ...