29 Mei 2012

Cara Mengobati Luka Bernanah

Dok, kemarin kakiku tergores pagar, tidak terlalu dalam sih. Tapi hari ini mulai nyeri berdenyut, bengkak, dan timbul nanah. Bagaimana mengobatinya? Terima kasih

Salah satu komponen penting sistem pertahanan tubuh adalah kulit. Selain penting, kulit juga merupakan komponen lini depan. Kulit menjadi benteng terhadap invasi bakteri, jamur, virus, parasit, dan benda berbahaya lainnya yang berasal dari luar tubuh.

Jika kulit rusak atau tergores, yang analog dengan dinding benteng yang jebol, maka akan mudah terjadi invasi musuh, dalam hal ini kuman-kuman patogen. Jika jaringan sudah diinvasi, maka kuman akan merajalela dan menimbulkan kerusakan.

Dalam kasus Sahabat di atas, adanya goresan pada kaki akan menjadi pintu masuk (port d’ entry) bakteri. Setelah melewati kulit, bakteri akan tiba di dalam jaringan bawah kulit yang lingkungannya sangat sesuai dengan kebutuhan bakteri, baik suhu, pH, ketersediaan makanan, dan lain-lain. Di tempat ini, bakteri akan berkembang biak dengan pesat. Proses invasi dan perkembangbiakan bakteri disebut infeksi.

Adanya serangan bakteri tidak dibiarkan begitu saja oleh tubuh. Sistem pertahanan akan aktif dan mulai menyerang bakteri yang ada di jaringan . Terjadilah pergumulan antara bakteri dan sistem pertahanan. Tanda-tandanya adalah muncul gejala peradangan. Setidaknya ada 5 tanda peradangan, yaitu lokasi infeksi akan bengkak, nyeri, merah, hangat, dan keluar cairan atau nanah.

Nah, untuk mengatasi infeksi serta peradangan yang menyertainya adalah dengan membasmi biang keladinya, yaitu bakteri penginvasi. Caranya dengan memberi antibiotik, baik yang diminum maupun yang dioleskan di lokasi infeksi. Selain itu, biasanya juga akan diberikan obat-obat untuk meredakan gejala peradangan: nyeri, bengkak, merah, dan hangat. Jika nanah banyak, dapat dilakukan pembersihan dengan cara drainase.