17 Mei 2012

Bahaya penyakit kencing tikus

Dok, saya baca di berita, jika musim hujan dan musim banjir, banyak penyakit kencing tikus. Apa bahaya penyakit ini?



Penyakit kencing tikus atau dalam bahasa medisnya leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh kuman leptospira. Gejala utama penyakit ini adalah demam, sakit kepala berat, nyeri otot termasuk otot betis, menggigil, mata memerah, nyeri perut, badan menguning, perdarahan kulit dan selaput lendir, muntah, serta diare.



Disebut kencing tikus karena kuman leptospira banyak ditemukan pada kencing tikus. Infeksi terjadi jika anggota tubuh manusia kontak langsung dengan kencing tikus atau kontak tidak langsung dengan benda-benda yang tercemar oleh kencing tikus misalnya air, tanah, makanan, dan lain-lain.



Mirip penyakit lain



Penyakit kencing tikus, jika cepat diidentifikasi dan diobati akan sembuh dengan baik. Pengobatan biasanya dengan pemberian antibiotik seperti penisilin atau doksisiklin.



Jika penyakit terlambat diobati, dapat terjadi berbagai macam gangguan serius. Beberapa diantaranya adalah kerusakan ginjal, kerusakan hati, radang selaput otak, gangguan pernapasan. Gangguan tersebut dapat berujung pada kematian penderita.



Keterlambatan pengobatan biasanya terjadi karena penderita terlambat mencari pertolongan medis. Selain itu, pada tahap awal perjalanan penyakit, gejala penyakit kencing tikus tidak khas dan menyerupai gejala-gejala penyakit lainnya seperti radang tenggorokan dan lain-lain. Hal ini seringkali menyebabkan kekeliruan diagnosis yang berujung pada kekeliruan pengobatan.



Demikian, semoga bermanfaat ....