22 Mei 2012

Scabicid, Krim Anti-Skabies (Kudis)

Scabicid adalah merk obat antiskabies produksi Kimia Farma. Bahan aktif obat ini ada dua macam yaitu gameksan (gama benzen heksaklorida) dan asam usnat.



Skabies



Skabies adalah penyakit yang disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei. Awam biasa menyebutnya sebagai penyakit kudis.



Penyakit ini menyerang kulit. Gejala utamanya, rasa gatal yang amat sangat, terutama pada malam hari. Selain itu, timbul benjolan-benjolan kecil berwarna merah dan terowongan-terowongan di lapisan kulit. Benjolan dan terowongan tersebut merupakan ulah Sarcoptes scabiei betina yang gemar mengembara untuk meletakkan telurnya.



Skabisida



Untuk mengatasi kudisan, digunakan obat-obat golongan skabisida. Ada banyak macamnya, misalnya permethrin, ivermectin, dan tentu saja gameksan.



Gameksan dengan sekali oles, dapat membunuh tungau skabies, tapi tidak telurnya. Telur yang lolos dari gameksan akan menetas dan melanjutkan kelangsungan hidup ‘generasi’ skabies. Nah, jika dibiarkan tentu akan terus beranak pinak dan merajalela. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengobatan ulang. Biasanya seminggu setelah pengobatan pertama.



Pada Scabicid terkandung juga asam usnat. Guna bahan ini adalah menyembuhkan infeksi bakteri yang kerap nebeng dengan penyakit kudis.



Semoga bermanfaat ...