11 April 2012

Kadar trombosit pada penyakit demam berdarah

Penyakit demam berdarah adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus demam berdarah atau virus dengue. Gejala utama penyakit ini adalah demam disertai sakit kepala, nyeri otot, dan perdarahan, baik perdarahan di kulit, hidung, saluran cerna, maupun tempat lainnya.



Untuk membantu menegakkan diagnosis demam berdarah, dokter biasanya melakukan pemeriksaan laboratorium. Salah satunya adalah pemeriksaan kadar trombosit. Istilah trombosit (Inggris, platelet) adalah istilah yang digunakan untuk menyebut suatu jenis komponen darah yang membantu mencegah perdarahan. Kadar normalnya sekitar 150,000 - 250,000 per μl.



Infus Trombosit



Pada pasien demam berdarah, kadar trombosit akan turun. Hal tersebut terjadi karena gangguan produksi trombosit di sum-sum tulang belakang. Selain itu, penurunan trombosit juga dipicu oleh kerusakan trombosit oleh virus secara langsung.



Jika kadar trombosit terus turun dan berada di bawah 100.000 per μl, atau walaupun masih di atas 100.000 per μl tapi penurunannya drastis, maka pasien dianjurkan untuk dirawat di rumah sakit.



Untuk mengatasi jumlah trombosit yang rendah, dokter biasanya melakukan infus trombosit. Infus baru diberikan jika penurunan trombosit disertai dengan perdarahan berat.



Terima kasih, semoga bermanfaat...