10 April 2012

Sakit perut bagian atas kiri

“Dok, saya suka sakit perut di bagian atas sebelah kiri, itu sakit apa ya? Sakit tersebut kadang-kadang disertai sesak napas”



Organ tubuh yang terletak di bagian perut kiri atas adalah lambung. Jika terjadi gangguan pada organ tersebut, maka biasanya akan timbul nyeri di perut kiri atas atau ulu hati.



Sesak



Hal yang paling sering menyebabkan nyeri lambung adalah naiknya asam lambung. Tingginya kadar asam lambung akan mengiritasi dinding lambung. Dalam dunia medis, keadaan ini disebut gastritis. Kalangan umum sering menyebutnya sakit maag.



Berikut adalah tanda-tanda gastritis:


  1. Perih atau nyeri rasa terbakar di daerah ulu hati atau perut kiri atas. kadang-kadang timbul setelah makan makanan tertentu seperti rujak, jeruk, cabe, dan lain-lain.

  2. Rasa penuh di ulu hati atau perut kiri atas, biasanya disertai rasa sesak napas.

  3. Mual dan muntah


Bukan jantung koroner



Seringkali, penderita nyeri lambung menyangka dirinya sakit jantung. Apalagi jika nyeri lambung beralih ke ulu hati atau ke dada kiri. Akibatnya, mereka menjadi sangat khawatir dan semakin memperparah nyeri lambungnya.



Nyeri lambung dan nyeri akibat sumbatan jantung koroner mempunyai karakteristik berbeda. Nyeri lambung dapat terjadi kapan saja, sedangkan nyeri jantung koroner biasanya terjadi saat atau setelah aktifitas fisik, misalnya lari, naik tangga, kaget, dan lain-lain. Ciri lain penyakit jantung koroner adalah dada terasa diremas-remas, nyeri terasa sampai lengan kiri, dan timbul keringat dingin.



Terima kasih, semoga bermanfaat...