28 April 2012

Metamorfosis CatatanDokter.Com

Blog CatatanDokter.Com telah melewati perjalanan panjang.



Ide awal untuk memiliki blog muncul sekitar tahun 2000. Ide tersebut muncul karena adanya keinginan untuk meng’online’kan bahan-bahan kuliah serta berbagi informasi tentang kesehatan.



Setelah bersusah payah belajar sedikit tentang html, javascript, php, css, dan lain-lain, maka mulailah mencoba-coba ‘go online’.



Pada saat itu, domain dan hosting masih mahal dan rata-rata harus dibeli di luar negeri. Karena penulis adalah mahasiswa kos2an dengan kiriman terbatas, harga domain dan hosting sangat di luar jangkauan. Jadilah menggunakan hosting gratisan, yaitu www.t35.com. Layanan ini mengijinkan penggunaan subdomain, maka penulis memilih nama infomedika.t35.com.







Setelah berjalan beberapa waktu, penulis menyadari bahwa hosting di t35.com cukup merepotkan. Penulis harus mengupload script blog, sehingga selain harus menulis, juga harus memaintenance script PHP dkk yang kadang-kadang bikin puyeng.



Setelah melihat-lihat blog tetangga, penulis tertarik menggunakan layanan Blogger.Com. Penulis pun membuat dua blog sekaligus, infomedika.blogspot.com dan medika.blogspot.com. Saat itu, layanan blogger.com belum diakuisisi oleh Google, jadi kita harus rela membagi space kita untuk menayangkan iklan dari Blogger.Com.



Setelah beberapa bulan, infomedika.blogspot.com semakin berkembang. Jumlah pengunjung sangat meningkat. Bahkan Google Page Ranking menembus angka 3, angka lumayan untuk sebuah blog amatiran.



Nah, sekitar tahun 2006, penulis berpikir untuk mempunyai domain sendiri. Apalagi saat itu, sudah banyak penyedia domain dan hosting yang berasal dari Indonesia, sehingga lebih mudah melakukan pembayaran. Cukup transfer dari bank lokal.



Pilihan penyedia domain jatuh pada idwebhost.com, sebuah penyedia domain dan hosting yang bermarkas di Yogyakarta (sekarang sudah membuka cabang di Jakarta). Nama domain yang penulis pilih adalah www.wartamedika.com. Sebagaimana laiknya blog dengan domain baru, maka penulis harus berjuang lagi untuk meningkatkan trafik.







Pada tahun 2009, penulis menyertakan blog wartamedika.com dalam lomba yang diadakan oleh Internet Sehat Blog Award (ISBA) hasil kerjasama ICT for Partnership (www.ictwatch.com), didukung oleh XL Care (www.xl.co.id), OpenNet Initiative (www.opennet.net) dan media online detikINET (www.detikinet.com). Syukur Alhamdulillah, wartamedika.com menjadi Pemenang Blog Award Minggu Ke-2 April 2009 untuk kategori Family Blog. Sejak saat itu, pengunjung www.wartamedika.com mencapai ribuah per hari dan Google PR naik ke posisi 3.



Pada akhir 2009, penulis merasa kurang ‘sreg’ dengan nama wartamedika.com, karena ada kesan seolah-olah blog tersebut adalah sebuah koran dengan tema kesehatan. Penulis pun mencari nama baru yang lebih mem’blog’ dan akhirnya lahirlah CatatanDokter.Com.



Blog CatatanDokter.Com mulai maksimal tayang pada 2010, dan terus mempersembahkan tulisan kesehatan sampai sekarang.