08 April 2012

Obat Kencing Nanah

Disebut kencing nanah karena gejala utamanya adalah keluar nanah dari saluran kencing. Nanah umumnya keluar di pagi hari. Selain nanah, gejala lain yang cukup menyiksa yaitu nyeri pada saluran kencing.



Penyebab kencing nanah adalah bakteri Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini terutama menular lewat hubungan seks, baik lewat v, anus, maupun oral.



Kebal



Penyakit kencing nanah tidak memandang jenis kelamin. Baik pria maupun wanita dapat terkena. Hanya saja, pada wanita seringkali tidak menunjukkan gejala apapun, tidak ada nyeri, tidak ada nanah. Tetapi harap diingat, walaupun ‘tampak tenang’, wanita tersebut dapat menjadi sumber penularan kuman penyebab kencing nanah ke pasangan seksualnya.



Obat penyakit kencing nanah adalah antibiotik. Dulu, antibiotik dari golongan penisilin seperti amoksisilin maupun ampisilin banyak digunakan; di samping obat golongan fluorokuinolon seperti siprofloksasin.



Tetapi, saat ini kuman biang kencing nanah banyak yang kebal terhadap obat-obat di atas. Salah satu penyebabnya adalah karena penggunaan antibiotik tidak sesuai dosis atau pengobatan tidak tuntas.



Sefalosforin



Obat yang dianjurkan untuk membasmi kuman Neisseria gonorrhea adalah obat golongan sefalosporin, contohnya sefiksim atau seftriakson. Obat ini termasuk obat keras, jadi harus dibeli dengan resep dan digunakan sesuai petunjuk dokter.



Perlu diingat bahwa pengobatan tidak hanya diberikan pada pengidap kencing nanah, tapi juga kepada pasangannya, misalnya istri atau suaminya, sekalipun pasangan tersebut tidak menampakkan gejala. Jika tidak, maka penyakit kencing nanah akan hilang timbul akibat penularan berulang dari pasangan yang terlanjur terinfeksi.



Terima kasih, semoga bermanfaat.