20 April 2012

Keuntungan menyusui

Banyak ibu yang tidak dapat menyusui bayinya. Mungkin karena sibuk bekerja atau karena beberapa alasan lain. Padahal, menyusui banyak sekali keuntungannya. Tidak hanya bagi bayi, tapi juga bagi ibu.



Berikut beberapa diantaranya:



Keuntungan bagi bayi:


  1. Zat gizi yang terkandung dalam air susu sangat lengkap, terdiri dari vitamin, protein, lemak, karbohidrat, dll. Saking lengkapnya, maka bayi dalam 6 bulan pertama usianya tidak perlu makanan lain selain air susu ibu (ASI Eksklusif).

  2. Air susu mengandung zat kekebalan tubuh yang membantu bayi mengatasi serangan bakteri dan virus. Menurut penelitian, bayi yang mendapat ASI lebih tahan terhadap infeksi telinga, penyakit pernapasan, dan diare. Selain itu, lebih jarang sakit dan lebih jarang harus berobat ke rumah sakit atau ke dokter.

  3. Mengurangi kemungkinan terkena penyakit asma atau penyakit alergi.

  4. Bayi cenderung memiliki IQ yang lebih baik.

  5. Mengurangi risiko terkena diabetes, kegemukan, dan kanker jika besar nanti.


Keuntungan bagi ibu:


  1. Menyusui membantu membakar kalori sehingga berat badan kembali lebih cepat.

  2. Saat menyusui terjadi pelepasan hormon oksitosin yang membantu uterus kembali ke ukuran normal dan membantu mengurangi perdarahan setelah melahirkan.

  3. Menyusui menurunkan risiko terkena kanker payudara dan kanker ovarium.

  4. Menyusui juga menurunkan risiko osteoporosis.

  5. Secara ekonomi, menyusui lebih hemat, sedangkan secara psikologis, terjadi ikatan batin yang lebih erat antara ibu dan bayinya.


Terima kasih, semoga bermanfaat ...