24 April 2012

Mengapa DM disebut juga kencing manis?

DM atau diabetes mellitus adalah penyakit yang muncul akibat kadar gula dalam darah sering berada di atas normal; yaitu lebih dari 200 mg/dL.



Peningkatan kadar gula darah terjadi karena tubuh kekurangan insulin, atau insulin yang diproduksi tidak dapat berfungsi sebagai mana mestinya. Insulin adalah hormon yang dihasilkan oleh kelenjar ludah perut (pankreas) yang bekerja membantu masuknya gula dari pembuluh darah ke dalam sel.



Kadar gula darah yang tinggi dan berkepanjangan akan menyebabkan berbagai macam komplikasi. Beberapa diantaranya adalah katarak, gangguan saraf, gangguan hati, gangguan lambung, dan lain sebagainya.



Komplikasi lain yang cukup serius adalah gangguan ginjal. Jika gula darah tinggi, maka ginjal tidak akan mampu lagi menahan gula agar tetap berada di dalam tubuh. Akibatnya, sebagian gula dikeluarkan bersama air kencing. Nah, keadaan ini rupanya menjadi dasar mengapa DM sering disebut kencing manis.



Sama seperti gula biasa, gula yang ada di dalam air kencing juga akan mengundang rubungan semut. Oleh karena itu, jika suatu saat semut tampaknya mulai tertarik dengan air kencing kita, maka waspada diabetes.



Demikian, semoga bermanfaat.