01 April 2012

Mengobati jerawat dengan pil KB

“Saya pernah mendengar bahwa jerawat yang membandel dapat diobati dengan pil KB. Benarkah?”



Benar, pil KB dapat dipakai untuk membantu mengatasi masalah jerawat. Tetapi, biasanya baru digunakan jika cara pengobatan lain tidak menampakkan hasil.



Mengurangi produksi sebum



Jerawat timbul salah satunya karena penyumbatan pori-pori kulit oleh sel kulit mati dan sebum (sejenis minyak yang berfungsi melumasi rambut dan kulit).



Nah, pil KB berperan pada sebum, yaitu mengontrol produksinya. Jika produksi sebum kembali normal, maka diharapkan penyumbatan pori-pori kulit berkurang.



Oleh karena pil KB hanya berperan pada produksi sebum yang berlebihan, maka pengobatan tersebut harus dikombinasikan dengan pengobatan lain seperti pemberian krim yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat.



Perlu juga diingat bahwa penggunaan pil KB sebagai obat jerawat tidak serta merta memberikan hasil. Biasanya butuh waktu beberapa bulan baru jerawat berkurang.



Efek samping



Walaupun relatif aman, tapi pil KB juga dapat menyebabkan beberapa efek samping. Beberapa diantaranya adalah sakit kepala, perubahan pola haid, nyeri payudara, peningkatan tekanan darah, dll. Oleh karena itu, sebelum menggunakannya sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.



Terima kasih, semoga bermanfaat.