14 Maret 2012

Istilah-istilah kolesterol

Kolesterol adalah salah satu senyawa kimia penting dalam tubuh. Fungsinya antara lain sebagai pembentuk membran sel dan sebagai bahan baku hormon seperti estrogen dan testosteron.



Sekitar 80% kolesterol diproduksi di hati, sementara sisanya berasal dari makanan. Makanan sumber kolesterol antara lain daging, unggas, ikan, dan produk susu. Jeroan seperti hati, mempunyai kadar kolesterol yang sangat tinggi. Sebaliknya, bahan makanan yang berasal dari tumbuhan tidak mengandung kolesterol.



Setelah dimakan, kolesterol makanan akan diserap di usus halus dan disimpan di hati. Selain sebagai gudang, hati juga berfungsi sebagai pengatur kadar kolesterol dalam darah.



Ada beberapa istilah dalam ‘dunia’ kolesterol, antara lain LDL (low density lipoprotein), HDL (high density lipoprotein), dan Kolesterol Total.



Kolesterol densitas rendah



Kolesterol LDL sering juga disebut kolesterol jahat. Mengapa demikian? Karena meningkatnya kadar kolesterol LDL berhubungan dengan meningkatnya risiko terkena penyakit jantung koroner, stroke, atau penyakit pembuluh darah tepi.



Kolesterol LDL cenderung mengendap di dinding pembuluh darah dan membentuk plak kolesterol. Lama kelamaan, plak kolesterol akan menyebabkan penebalan dinding pembuluh darah dan menyempitkan lubangnya, sehingga aliran darah terhambat. Proses ini disebut dengan aterosklerosis.



Kadar LDL normal dalam darah adalah dibawah 100 mg/dl



Kolesterol densitas tinggi



Lawan dari kolesterol LDL adalah kolesterol HDL. Sering juga disebut kolesterol baik.



Kolesterol HDL mencegah terjadinya aterosklerosis dengan cara mengeluarkan kolesterol dari dinding pembuluh darah dan membawanya ke hati untuk disimpan.



Kadar normal kolesterol HDL adalah laki-laki 35 – 55 dan perempuan 45 – 65 mg/dl.



Rasio



Perbandingan kadar kedua jenis kolesterol di atas sering digunakan untuk memprediksi faktor risiko. Jika kadar LDL tinggi dan kadar HDL rendah maka risiko terkena aterosklerosis, penyakit jantung kororner, atau stroke semakin meningkat. Sebaliknya jika kadar LDL rendah dan kadar HDL tinggi maka akan terjadi perlindungan terhadap penyakit jantung koroner atau stroke; keadaan yang terakhir yang diinginkan.



Total



Kolesterol total adalah penjumlahan dari kolesterol LDL, HDL, VLDL (very low density lipoprotein), dan IDL (intermediate density lipoprotein).



Kadar normal kolesterol total adalah 150 – 200 mg/dl



Demikian, semoga bermanfaat ....