20 Oktober 2013

Amoksisilin Aman Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Apakah amoksisilin aman untuk ibu hamil dan ibu menyusui?

Betul, antibiotika amoksisilin aman untuk ibu hamil, juga untuk ibu menyusui.

Info seputar amoksisilin:

  1. Amoksisilin merupakan antibiotika yang paling banyak digunakan di dunia, juga paling banyak di salah gunakan. Salah satu bentuk penyalahgunaan ampisilin adalah mengkonsumsi 1 biji amoksisilin untuk mencegah tertular GO.
  2. Amoksisilin dijual dalam berbagai macam merk, ada yang murah dan ada yang sangat mahal. Padahal khasiatnya relatif sama.
  3. Amoksisilin termasuk ke dalam kelompok obat penisilin, bersama dengan ampisilin, piperasilin, tikarsilin, dan lain sebagainya. Obat ini bekerja dengan menghambat pembentukan kulit kuman sehingga kuman pecah dan mati.
  4. Fungsi utama amoksisilin adalah sebagai antibiotika spektrum luas, artinya dapat digunakan untuk membunuh berbagai macam jenis kuman yang peka seperti Streptokokus, Stafilokokus, Haemophilus influenza, Escherecia coli, dan lain sebagianya. Sayangnya, karena pemakaiannya yang sangat luas memicu timbulnya kuman-kuman yang kebal. Oleh karena itu, banyak penyakit saat ini tidak mempan lagi diobati dengan amoksisilin.
  5. Amoksisilin aman untuk lambung, oleh karena itu boleh diminum sebelum makan.
  6. Untuk amoksisilin sirup, setelah dicampur dengan air tidak boleh lagi digunakan setelah 2 minggu penyimpanan.
  7. Amoksisilin termasuk obat keras, jadi yang boleh menjual hanya apotek dan mesti dibeli dengan resep. Sayangnya, di Indonesia obat ini dapat dibeli secara bebas di apotik maupun di warung-warung.