25 Oktober 2013

Arti Hitung CD4 dan Viral Load pada HIV/AIDS

Apa arti pemeriksaan hitung CD4 dan viral load pada pengidap HIV/AIDS?

CD4 adalah salah satu jenis sel darah putih yang menjadi sasaran penghancuran oleh virus HIV. Pada orang sehat sel CD4 kadarnya sekitar 500 sampai 1000. Berbeda dengan penderita HIV, hitung CD4 nya sangat kurang. Jika CD4 kurang dari 200, maka infeksi HIV yang tidak bergejala sedang menuju kepada AIDS (infeksi HIV dengan berbagai macam gejala seperti diare, kehilangan berat badan, infeksi TBC, dll).

Viral load adalah jumlah virus HIV dalam darah. Semakin sedikit semakin bagus, sebaliknya semakin tinggi semakin buruk. Jika pengobatan sukses, HIV bisa saja tidak terdeteksi di dalam darah dengan pemeriksaan yang ada (misalnya PCR). Tetapi perlu diingat bahwa walaupun demikian, pengidap bukan dalam status sembuh sempurna. Selain itu, walaupun tidak ditemukan virus, pengidap HIV masih dapat menularkan virus kepada orang lain.

Info Seputar virus HIV:

  1. Virus HIV bisa bersembunyi di dalam DNA manusia, itulah sebabnya sangat sulit diberantas.
  2. Virus HIV ‘hanya’ menyebabkan rusaknya sistem kekebalan tubuh. ‘Tugas’ untuk merusak organ tubuh diserahkan pada bakteri, virus, atau mikroorganisme lain yang mempunyai sifat oportunis (mengambil kesempatan dalam kesempitan).
  3. Obat yang ada sekarang hanya membunuh virus yang ‘keluar’ dari DNA atau virus yang aktif memperbanyak diri. Obat masih belum mampu membunuh virus yang sedang bersembunyi.
  4. Virus HIV mempunyai mekanisme mempertahankan diri yang sangat kuat, itulah sebabnya virus bisa kebal terhadap obat, terutama pada orang yang tidak teratur minum obat.