09 Oktober 2013

Manfaat Suntikan Hormon Insulin

Apa manfaat suntikan hormon insulin?

Manfaat insulin adalah membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes mellitus.

Bagaimana insulin bekerja?

Hormon insulin bekerja dengan membantu masuknya gula atau glukosa darah dari pembuluh darah ke dalam sel. Caranya membantu adalah dengan mengaktifkan pengangkut glukosa yang ada dalam sel untuk menjemput glukosa yang berada di luar sel dan membawanya masuk ke dalam sel. Gula yang sudah masuk ke dalam sel selanjutnya akan digunakan sebagai bahan bakar untuk menghasilkan energi.
Jika insulin tidak ada atau kurang, maka gula darah tetap berada di dalam pembuluh darah dan tidak dapat digunakan. Akibatnya sel kekurangan energi, atau bahasa awamnya kelaparan. Itulah sebabnya, penderita diabetes selalu merasa lapar.

Bagaimana cara pemberiannya?

Cara pemberian suntikan insulin adalah setiap kali hendak makan. Dosisnya tergantung pada kadar gula darah, yang diperoleh melalui pemeriksaan laboratorium. Suntikan insulin diberikan di bawah kulit (subkutan), bukan di dalam otot, jadi tidak boleh terlalu dalam. Suntikan dapat diberikan di lengan atas atau di bokong atau di paha bagian samping luar. Sebaiknya tempat suntikan pertama memiliki jarak dengan suntikan berikutnya, minimal 2,5 cm.

Siapa saja yang harus mendapatkan suntikan insulin?

Orang-orang yang harus mendapatkan suntikan insulin adalah orang yang menderita diabetes tipe 1, dimana pankreasnya tidak memproduksi insulin lagi. Sedangkan bagi penderita dibates tipe 2, dimana pankreasnya mungkin masih sedikit berfungsi maka suntikan hanya diberikan jika pengobatan dengan obat-obat oral atau modifikasi pola hidup mengalami kegagalan.

Dari mana asal insulin yang disuntikkan?

Insulin yang disuntikkan disebut insulin eksogen. Insulin ini diperoleh dari teknik rekayasa protein rekombinan. Artinya, gen insulin manusia di masukkan ke dalam bakteri dan bakteri tersebut dirangsang untuk memproduksi protein insulin yang mirip dengan insulin manusia.

Sebagai informasi, insulin yang diproduksi oleh sel pankreas manusia disebut insulin endogen. ~dr.Oke~