26 Oktober 2013

Cara Cek Kehamilan Paling Akurat

Bagaimana cara cek kehamilan paling akurat?

Cara mengecek kehamilan paling akurat adalah dengan pemeriksaan uji strip kehamilan (test pack) dan pemeriksaan ultrasonografi (USG).

Info seputar cek kehamilan paling akurat:

  1. Uji strip kehamilan atau test pack bekerja dengan cara mendeteksi hormon kehamilan (beta hCG) yang ada di dalam air kencing ibu hamil.
  2. Uji kehamilan dengan test pack dapat dilakukan seminggu setelah berhubungan, bahkan tanpa harus menunggu terlambat haid dulu baru di tes.
  3. Pemeriksaan ultrasonografi atau USG baru dapat mendeteksi adanya janin setelah 6 minggu. Pada saat itu, denyut jantung janin mulai terlihat.
  4. Pemeriksaan USG menggunakan gelombang suara yang dipancarkan ke rahim dan jaringan sekitarnya. Gelombang suara akan dipantulkan oleh rahim dan jaringan, kemudian ditangkap oleh alat tertentu dan kemudian diolah oleh komputer menjadi gambar yang dapat diinterpretasi. Oleh karena menggunakan gelombang suara, maka pemeriksaan ini relatif aman bagi janin, apalagi jika dibandingkan dengan pemeriksaan foto rontgen yang menggunakan sinar X.
  5. Pada hamil anggur, uji strip kehamilan positif tetapi pada USG tidak ditemukan adanya janin atau denyut jantung janin. Oleh karena itu, hamil anggur disebut juga hamil palsu.