10 Oktober 2013

KB Suntik 3 Bulanan

Apa kandungan KB suntik 3 bulanan?

Obat KB suntik 3 bulanan mengandung hormon Depo Medroxyprogesterone Acetate (hormon progestin) dengan volume sekitar 150 mg. Obat suntik ini tersedia dalam bentuk cairan 1 cc atau 3 cc. Harga yang 1 cc lebih mahal, tapi tidak terlalu menyebabkan rasa tidak nyaman saat disuntikkan dibandingkan dengan yang 3 cc.

Bagaimana cara pemberiannya?

Cara pemberian obat KB suntik 3 bulanan adalah disuntikkan ke dalam otot, bisa di otot bokong, otot lengan, atau otot paha bagian luar. Obat KB suntik ini, seperti namanya, diberikan setiap 3 bulan atau setiap 12 minggu. Suntikan pertama sebaiknya diberikan antara hari 1 dan 7 periode haid. Jika baru melahirkan, suntikan dapat diberikan 6 minggu setelah persalinan.

Apa kelebihannya?

Kelebihan KB suntik 3 bulanan adalah memberikan perlindungan cukup lama. Hanya dibutuhkan 4 kali suntikan dalam setahun. Efektifitas KB suntik ini juga sangat tinggi, yaitu mencapai 99%.
Berbeda dengan yang 1 bulanan, KB suntik 3 bulanan dapat diberikan pada ibu menyusui karena kandungannya tidak mempengaruhi pengeluaran ASI. Selain itu, KB 3 bulanan juga mengurangi risiko terjadinya radang panggul, kanker rahim, dan anemia.

Apa kekurangannya?

Selain kelebihan, obat KB suntik 3 bulanan memiliki beberapa efek samping, antara lain:
  1. Haid tidak teratur, haid berkepanjangan, atau bahkan pada beberapa kasus tidak mendapat haid sama sekali.
  2. Keluhan sakit kepala atau pusing
  3. Penambahan berat badan
  4. Buah dada nyeri
  5. Rasa mual
  6. Suasana hati berubah-rubah
  7. Jika ingin punya anak lagi, kembalinya masa kesuburan cukup lama dihitung sejak berhenti suntik, biasanya sekitar 6 sampai 12 bulan.

Perlu diketahui bahwa tidak semua efek samping ini terjadi pada setiap ibu, biasanya hanya pada beberapa kasus saja dan kebanyakan akan berhenti setelah beberapa waktu. Tapi jika ada efek samping yang menetap, penggunaan KB suntik 3 bulanan perlu dievaluasi lagi.

Siapa saja yang tidak boleh mendapat KB suntik 3 bulanan?

Mereka yang memiliki tekanan darah tinggi, di atas 120 / 90 mmHg, memiliki penyakit seperti penyakit jantung, sakit kuning, varises, tumor payudara, migrain, kanker hati, depresi berat. Selain itu, suntikan ini sebaiknya tidak diberikan pada mereka yang tidak cocok dengan pil KB. ~dr.Oke~