31 Oktober 2013

Rekomendasi Kebutuhan Kalsium Harian

Berapakah rekomendasi kebutuhan kalsium harian untuk semua umur?

Kebutuhan kalsium harian untuk anak usia 0 – 6 tahun adalah 210 mg sehari, usia 9 – 18 tahun 1300 mg sehari, dewasa 1000 mg sehari, dan usia di atas 50 tahun adalah 1200 mg sehari.

Info seputar kebutuhan kalsium harian:

  1. Sebanyak 99% kalsium terdapat pada tulang dan gigi, fungsinya adalah untuk memperkuat kedua organ tubuh ini. Sisanya terdapat pada sel dan darah.
  2. Walaupun tulang dan gigi sepertinya ‘diam’, sejatinya selalu terjadi mobilisasi dan pergantian kalsium. Menurut beberapa sumber, kalsium tulang akan diganti yang baru secara keseluruhan setelah tujuh tahun. Oleh karena itu, jika kalsium kurang maka akan terjadi gangguan pada tulang dan gigi.
  3. Selain urusan tulang dan gigi, kalsium juga mempunyai sangat penting dalam pergerakan otot dan perambatan sinyal otak dan saraf. Kekurangan kalsium dapat menimbulkan kejang otot dan gangguan fungsi otak serta saraf.
  4. Agar penyerapan kalsium optimal, maka gizi harus seimbang. Jika protein dan mineral seperti magnesium dan fosfor kurang, maka penyerapan kalsium oleh tubuh dari makanan akan terganggu.
  5. Sebaliknya, jika berlebihan kalsium dapat mengendap di ginjal dan saluran kemih dan membentuk batu.