27 Oktober 2013

Makanan Pantangan bagi Penderita Asam Urat

Apa makanan pantangan bagi penderita penyakit asam urat?

Makanan pantangan bagi penderita penyakit asam urat adalah makanan yang banyak mengandung purin, yaitu daging dan jeroan (hati, paru, limpa, usus, ginjal, jantung, ampela, dari ayam, sapi maupun kambing), abon, dendeng, ikan sarden, sayur bayam, kacang-kacangan, kangkung, daun singkong, daun pepaya, daun melinjo, emping melinjo, udang, kerang, ikan teri, kepiting, cumi-cumi, tiram, remis, durian, nanas, air kelapa, alpokat, dan lain-lain.

Sedangkan makanan yang diperbolehkan antara lain kentang, pisang, pepaya, strawberry, jeruk, sawi putih, sawi hijau, tomat, serai, belimbing wuluh, nasi, singkong, roti, ubi, dan lain-lain.

Info seputar makanan pantangan penderita asam urat:

  1. Zat purin yang ada dalam makanan akan diubah oleh tubuh menjadi asam urat. Jika kadarnya tinggi dalam darah akan menumpuk di persendian dan menyebabkan rasa nyeri.
  2. Sebaiknya penderita mengenali makanan apa yang menyebabkan nyeri, lalu menghindarinya.
  3. Penderita asam urat juga dianjurkan minum banyak air putih, agar asam urat keluar bersama air kencing.
  4. Jika timbul nyeri, pengobatannya adalah dengan antinyeri seperti ibuprofen, piroksikam, natrium atau kalium diklofenak, asam mefenamat, dan lain-lain. Sayangnya, obat-obat ini bersifat mengiritasi lambung, jadi harus diminum dalam keadaan perut terisi alias sesudah makan.
  5. Sampai saat ini belum ada obat medis yang dapat mengobati penyakit asam urat secara tuntas.