22 Oktober 2013

Badan dan Mata Kuning Ciri Hepatitis B

Apakah badan dan mata berwarna kuning merupakan ciri penyakit hepatitis B?

Betul sekali, penyakit hepatitis B dapat memberikan gejala berupa badan dan mata berwarna kuning. Selain itu, kencing juga berwarna teh tua. Tapi perlu diketahui, penyakit lain pun dapat memberikan gejala kuning, misalnya malaria, hepatitis A, penyakit kandung empedu, dan lain-lain.

Bagaimana membedakannya dengan penyakit tersebut?

Salah satu caranya adalah dengan pemeriksaan laboratorium. Parameter yang diperiksa adalah HBsAg, HBeAg, atau HBcAg. Selain itu diperiksa juga SGOT dan SGPT untuk mengetahui fungsi hati.

Info seputar hepatitis B:

  1. Penyakit hepatitis B disebabkan oleh virus Hepatitis B. Virus ini menginfeksi sel hati dan menyebabkan kerusakan sehingga sel hati kehilangan fungsinya. Jika infeksi berlangsung terus menerus, sel hati bisa rusak total sehingga terjadi gangguan yang disebut sirosis.
  2. Selain gejala kuning, juga ditemukan gejala lain berupa letih, lemas, lesu, loyo, badan pegel, nyeri sendi, demam, sakit kepala, mual, dan pada perut kanan atas terasa nyeri terutama jika ditekan.
  3. Obat untuk melenyapkan virus hilang tak berbekas dari dalam tubuh sampai saat ini belum ada. Obat seperti interferon atau analog nukleosida (adefovir, entecavir, lamivudine, telbivudine, dan tenofovir) hanya bisa menurunkan jumlah virus sehingga diharapkan tidak menyebabkan sel hati lebih lanjut.
  4. Jika sudah terjadi kerusakan sel hati, jalan terbaik adalah mengganti liver atau hati dengan yang baru melalui proses pencangkokan. Untuk itu dibutuhkan donor liver yang cocok. Sebagai referensi, dapat membaca buku Bapak Dahlan Iskan yang berjudul “Ganti Hati”.
  5. Anak-anak baru lahir sangat dianjurkan untuk menjalani imunisasi hepatitis B, agar saat besar nanti tidak terkena penyakit tersebut.