30 Oktober 2013

Buang Air Besar Berdarah

Beberapa kali buang air besar berdarah, penyakit apa?

Jika darahnya merah segar, bergumpal-gumpal atau menetes, maka besar kemungkinan adalah penyakit ambeien atau wasir. Selain gejala perdarahan, seringkali juga muncul benjolan pada lubang pembuangan, meskipun tidak selalu.

Info seputar buang air besar berdarah:

  1. Bahasa medis ambeien atau wasir adalah hemorrhoid.
  2. Ada dua jenis hemorrhoid, yaitu internal (dalam) dan eksternal (luar). Untuk hemorrhoid dalam, biasanya tidak ada benjolan yang muncul di lubang pembuangan, sebaliknya pada hemorrhoid luar dijumpai benjolan. Pada kebanyakan kasus benjolan masih dapat didorong masuk, tetapi ada juga yang tidak bisa lagi di dorong masuk dan tetap di luar.
  3. Perdarahan muncul jika wasir atau ambeien mengalami perlukaan, biasanya terjadi akibat gesekan dengan tinja yang keras. Oleh karena itu, untuk mencegah timbulnya luka, buang air besar harus lunak. Caranya dengan memperbanyak minum air putih, makan buah dan sayur, serta makanan berserat tinggi lainnya.
  4. Jika terlanjur berdarah, dapat diberikan obat antiperdarahan. Selain itu, diberikan juga antibiotik jika muncul infeksi dan antinyeri antibengkak jika timbul peradangan.