07 Oktober 2013

Pengobatan TBC Harus 6 Bulan

Mengapa pengobatan TBC harus 6 bulan?

Pengobatan TBC harus 6 bulan lamanya (minimal) karena kuman TBC, yaitu Mycobacterium tuberculosis mempunyai daya tahan yang sangat kuat terhadap obat. Dibutuhkan waktu minimal 6 bulan agar bakteri dapat dimusnahkan dari tubuh. Tidak hanya lamanya, jumlah macam obat juga menentukan keberhasilan pengobatan. Dibutuhkan sekitar 3 atau 4 macam obat setiap kali minum. Walaupun demikian, kadang-kadang pada beberapa pasien kumannya masih ada yang lolos.

Info seputar pengobatan TBC:

  1. Agar penderita bisa bertahan minum obat selama 6 bulan, obat biasanya diberikan dalam bentuk paketan. Jadi satu pasien satu paket. Selain itu, setiap pasien yang akan menjalani pengobatan TBC harus mempunyai pengawas minum obat, baik yang berasal dari keluarga, tetangga, atau tetua kampung.
  2. Pada beberapa kasus, dapat timbul efek samping pengobatan misalnya kencing berwarna merah (tapi bukan darah), pendengaran berkurang, gangguan pencernaan, dan lain sebagainya.
  3. Pada penderita yang tidak menyelesaikan pengobatannya sampai 6 bulan, besar kemungkinan akan terjadi kekebalan kuman TBC terhadap obat. Jika hal ini terjadi, maka pengobatan TBC yang bersangkutan akan lebih sulit.
~dr.Oke~