23 Oktober 2013

Pengobatan Penyakit Tetanus

Bagaimana pengobatan penyakit tetanus?

Pengobatan tetanus ditujukan pada bakteri penyebab tetanus, racun yang dikeluarkannya, serta kejang yang disebabkan oleh racun tersebut.

Bakteri penyebab tetanus dibunuh dengan antibiotika, sedangkan racun yang dikeluarkannya dinetralkan dengan suntikan antitetanus serum. Kejang akibat racun tetanus diatasi dengan suntikan obat sedatif (penenang). Penderita tetanus biasanya dirawat di ICU dan diberi alat bantu nafas.

 Info seputar penyakit tetanus:

  1. Penyakit tetanus disebabkan oleh bakteri Clostridium tetani. Bakteri ini sangat menyukai kondisi yang kurang oksigen seperti pada luka yang dalam misalnya luka tusuk paku, luka gigitan binatang, dan lain-lain.
  2. Bakteri tetanus tetap berada di luka tempat pertama kali masuk, tapi racun yang diproduksinya mengalir ke seluruh tubuh dan menyebabkan kejang.
  3. Kematian penderita tetanus sebagian besar diakibatkan oleh kejang otot pernapasan. Jika hal ini terjadi, penderita tidak bisa lagi bernafas dan akan berakibat fatal.
  4. Tetanus dapat mengenai bayi baru lahir akibat prosedur pemotongan tali pusat yang tidak steril. Tetanus jenis ini disebut tetanus neonatorum.
  5. Penyakit tetanus dapat dicegah dengan imunisasi tetanus. Imunisasi diberikan pada bayi dalam bentuk kombinasi dengan vaksin difteri dan pertusis (Vaksin DPT). Untuk mencegah tetanus pada bayi baru lahir, vaksin tetanus diberikan pada ibu yang sedang mengandungnya.