03 Oktober 2013

Gejala Batu Ginjal

Apa gejala batu ginjal dan pengobatannya?

Gejala batu ginjal adalah timbul nyeri yang sangat hebat, yang intensitasnya berubah-ubah (sakit-kurang sakit-sakit) di daerah pinggang sebelah kiri atau kanan. Kadang-kadang rasa nyeri menyebar ke punggung atau pangkal paha. Rasa nyeri tersebut sering diikuti dengan mual, muntah, demam, atau sakit kepala. Selain itu, dapat juga terjadi gejala sering kencing, sakit saat kencing, atau air kencing berwarna merah.

Pengobatan batu ginjal adalah dengan antinyeri semisal parasetamol yang dikombinasi Hyoscine-N-butylbromide. Jika batunya tidak kunjung keluar, dapat ditembak dengan suara frekuensi tinggi atau dilakukan pembedahan.

Info seputar gejala batu ginjal:

(1) Gejala batu ginjal timbul karena batu menyumbat aliran air kencing sehingga menumpuk dan menimbulkan regangan pada saluran kencing. Selain itu, adanya mekanisme tubuh yang terus menerus mendorong batu ginjal turun ke bawah (hilir) juga menimbulkan gejala sakit yang hilang timbul;

(2) Batu ginjal biasanya diikuti dengan infeksi saluran kemih, itulah sebabnya kadang-kadang timbul gejala infeksi berupa demam, sakit kepala, nyeri berkemih, sering kencing, dan lain-lain;

(3) Batu ginjal banyak macamnya, contoh yang paling sering adalah batu asam urat. Cara menghindarinya adalah dengan mengontrol kadar asam urat dalam darah, baik melalui pola makan atau dengan obat-obatan.