28 Oktober 2013

Sakit Dada Sebelah Kiri, Apakah Jantung?

Gejala sakit dada sebelah kiri, apakah ini ciri sakit jantung?

Ya, betul, tapi kalau disertai ciri berikut: sakit seperti diremas atau dada seperti tertekan, terjadi ketika aktifitas fisik seperti naik tangga, lari dll, nyeri menjalar ke tangan kiri, turut keringat dingin, dan ada rasa cemas pada penderita. Jika nyeri terjadi terus menerus walaupun saat tidak melakukan apa-apa, nyeri menjalar ke punggung belakang, napas rasanya tidak sampai, perut kembung, rasa kenyang, ada riwayat makan makanan asam atau minuman seperti kopi atau soda, riwayat stres berlarut-larut, maka kemungkinan nyeri dada sebelah kiri tersebut merupakan pertanda sakit maag atau gastritis.

Info seputar sakit dada sebelah kiri:

  1. Jantung terletak di rongga dada sebelah kiri, sedangkan lambung terletak di perut bagian atas juga agak ke kiri. Gangguan pada kedua organ ini dapat menyebabkan nyeri pada rongga dada kiri.
  2. Penyakit jantung yang menyebabkan sakit dada kiri umumnya adalah penyakit jantung koroner, yaitu tersumbatnya pembuluh darah yang menyuplai makanan dan oksigen ke otot jantung sehingga otot jantung mati. Jika hal ini terjadi, maka harus segera dibawa ke rumah sakit. Dokter biasanya memberikan obat-obatan yang membantu melebarkan pembuluh darah yang tersumbat dan obat-obat yang meluruhkan sumbatan.
  3. Penyakit maag yang menyebabkan sakit dada kiri tidak seberbahaya penyakit jantung. Pengobatannya meliputi menghindari makanan yang mencetuskan produksi asam lambung, pemberian obat-obatan seperti antasida, ranitidin, atau omeprazol, dan mengelola stres.