14 Februari 2008

Amankah Suplemen Serat

Tidak ada bukti bahwa konsumsi suplemen serat dalam jangka waktu lama berbahaya. Dokter biasanya menganjurkan suplemen serat setiap hari pada orang-orang dengan gangguan pencernaan tertentu, seperti konstipasi kronik.

Serat membuat tinja lebih lunak, sehingga dapat mengatasi sulit buang air besar (konstipasi). Orang yang mengkonsumsi suplemen serat dianjurkan untuk banyak minum air putih atau cairan lainnya setiap hari. Jika tidak, suplemen serat dapat memperburuk konstipasi. Selain itu, serat mesti ditambahkan secara perlahan agar tidak menimbulkan gas.

Jika anda memiliki masalah di pencernaan, konsultasikan dengan dokter anda sebelum mengkonsumsi suplemen serat. Selain itu, tanyalah dokter atau ahli farmasi apakah obat yang sedang anda minum dipengaruhi oleh suplemen  serat yang akan anda konsumsi. Suplemen serat dapat menurunkan absorpsi (penyerapan) beberapa obat seperti aspirin, warfarin, dan karbamazepin. Suplemen serat juga dapat menurunkan kadar gula darah. Oleh karena itu, pada penderita diabetes, dosis insulin harus diatur ulang.