15 Februari 2008

Aneurisma Otak

Masih ingat dengan alm Sukma Ayu yang meninggal akibat luka kecil ditangannya? Bukan luka tersebut yang membuatnya meninggal, tetapi menurut dokter, aneurisma otaknya yang pecah sehingga menimbulkan komplikasi di otak dan batang otak yang berakhir tragis baginya.

Aneurisma otak adalah benjolan yang terdapat pada pembuluh darah arteri otak. Jenis yang paling sering dijumpai adalah aneurisma yang tampak seperti anggur – yang melekat pada arteri dengan tangkai yang kecil.

Jika anuerisma kecil dan tidak robek, maka risikonya terhadap gangguan kesehatan juga rendah. Beberapa aneurisma tidak terdeteksi sebelumnya dan tidak menunjukkan gejala-gejala apapun juga. Aneurisma yang kecil sekali dan mempunyai kemungkinan robek sangat rendah biasanya tidak diterapi.

Tetapi, beberapa aneurisma otak berbentuk besar sehingga dapat menekan jaringan otak sekitarnya. Beberapa diantaranya dapat mengalami robekan, sehingga darah keluar memenuhi otak. Aneurisma yang robek ini dengan cepat dapat menimbulkan kematian, sehingga butuh pertolongan medis segera.