14 Februari 2008

Pengobatan Batu Empedu

Jika batu empedu tidak bergejala, biasanya tidak perlu diobati. Tetapi jika sering menimbulkan kolik kandung empedu, dokter anda mungkin akan menganjurkan pengangkatan kandung empedu. Pembedahan ini disebut kolesistektomi.

Sebagian besar kolesistektomi dilakukan dengan pembedahan laparoskopi. Pembedahan jenis ini hanya membutuhkan tiga atau empat sayatan kecil di dinding perut. Melalui sayatan tersebut dimasukkan alat-alat operasi untuk mengangkat kandung empedu, termasuk kamera untuk melihat posisi dan keadaan kandung empedu.

Pemulihan setelah pembedahan laparoskopi biasanya berlangsung lebih singkat. Hanya satu malam di rumah sakit dan beberapa hari di rumah.

Tetapi bila kandung empedu mengalami peradangan atau infeksi parah, operasi terbuka biasanya harus dilakukan. Operasi terbuka membutuhkan sayatan lebih panjang. Oleh karena itu, pemulihan biasanya membutuhkan 3 sampai 5 hari di rumah sakit dan beberapa minggu di rumah.

Untuk mengeluarkan batu empedu yang telah berada di saluran empedu biasanya dilakukan dengan ERCP (endoscopic retrograde cholangiopancreatography), sebelum, selama atau sesudah operasi pengangkatan kandung empedu.