14 Februari 2008

Pengobatan Katarak

Katarak harus diobati jika penglihatan yang kabur sudah mengganggu aktifitas sehari-hari, seperti menyetir, membaca, atau menonton televisi.

Katarak diobati dengan pembedahan. Saat pembedahan, lensa mata yang keruh di angkat dan diganti dengan lensa buatan.

Ada tiga jenis pembedahan katarak. Ahli mata biasanya akan berdiskusi dengan anda mengenai jenis pembedahan apa yang cocok bagi anda.

Teknik pembedahan tersebut adalah :

  1. Pembedahan ekstrakapsuler. Pada pembedahan ini, lensa mata diangkat tetapi setengah selubung belakang lensa dibiarkan tetap di tempatnya. Ahli mata akan membuat irisan kecil di pinggir kornea dan mengangkat lensa mata yang keruh melalui irisan tersebut. Setelah itu, sisa-sisa lensa disedot dengan alat penyedot (suction).
  2. Fakoemulsifikasi. Saat ini, sebagian besar ahli mata menggunakan teknik ini. Teknik ini juga disebut dengan pembedahan katarak insisi kecil atau pembedahan "fako". Ahli mata akan membuat irisan kecil di tepi kornea. Kemudian, sebuah alat kecil dimasukkan ke dalam mata. Alat tersebut mengeluarkan gelombang ultrasonik yang melunakkan dan menghancurkan lensa mata. Selubung belakang lensa tetap dibiarkan di tempatnya.
  3. Pembedahan intrakapsuler. Pada pembedahan ini, seluruh lensa termasuk selubungnya diangkat.

Pada sebagian besar pembedahan katarak, lensa yang telah diangkat diganti dengan lensa intra okuler (IOL, intraocular lens), yang terbuat dari plastik, silikon, atau campuran akrilik.

Tetapi, beberapa orang tidak dapat menerima IOL, karena beberapa keadaan tertentu seperti adanya penyakit mata. Pada kasus ini, ahli mata akan menyarankan penggunaan kontak lensa atau kacamata untuk memperbaiki penglihatan.