15 Februari 2008

Pengobatan Eksim

Menghindari benda-benda yang dapat menyebabkan reaksi alergi merupakan cara termudah dan efektif dalam mengatasi eksim. Hal ini mungkin berupa mengganti deterjen yang digunakan untuk mencuci, atau bahkan harus pindah ke tempat lain yang mempunyai iklim yang baik.

Beberapa cara yang dapat dilakukan antara lain adalah gunakan sabun yang formulanya ringan. Keringkan tubuh anda setelah mandi dengan hati-hati dan oleskan krim pelembab di sekujur tubuh anda. Hindari krim yang berisi pewangi atau bahan yang dapat mengiritasi lainnya. Hindari memakai baju yang terlalu ketat. Hindari menggaruk daerah yang mulai menunjukkan reaksi alergi, karena akan memperparah keadaan.

Selain itu, daerah yang terkena dapat diolesi dengan krim kortikosteroid (hidrokortison) bersama dengan krim antigatal (mentol/kamper, misalnya kalamin). Krim harus dioleskan sesering mungkin sampai bentol merah menghilang.

Pil yang berisi difenhidramin juga dapat dikonsumsi untuk menghilangkan gatal. Obat ini menimbulkan kantuk, jadi hindari mengemudi mobil atau menjalan mesin selama minum obat ini.

Bersihkan daerah yang terkena dengan sabun hipoalergen setiap hari.

Hindari stres fisik dan mental. Makan teratur dengan menu seimbang, beraktifitas ringan, dan cukup tidur akan membantu anda tetap sehat, sehingga mencegah perluasan penyakit.

Jangan mengharap sembuh dengan cepat. Eksim lebih mudah dikontrol ketimbang disembuhkan.