17 Februari 2008

Lensa Kontak

Lensa kontak, seperti halnya kacamata, dapat digunakan untuk memperbaiki gangguan penglihatan pada penderita rabun dekat, rabun jauh, dan astigmatisma.

Menurut bahan pembentuknya, kontak lensa terdiri dari tiga macam :

  • Lensa keras (hard lens) terbuat dari plexiglas atau lucite. Lensa jenis ini sudah kuno dan sudah jarang dipakai.
  • Lensa lunak (soft lens) terbuat dari plastik mengandung air menyerupai gel. Jenis ini paling banyak dipakai. Ukurannya lebih besar dari iris.
  • Lensa GP, juga dikenal sebagai lensa "tembus oksigen".  Lensa ini terbuat dari plastik tanpa air, kaku, dan baik digunakan pada penderita presbiopia dan astigmatisma berat. Lensa ini berdiameter sekitar 8 mm, lebih kecil daripada iris.

Sebelum tahun 1979, lensa kontak harus selalu dilepas pada malam hari. Seiring dengan perkembangan teknologi, ditemukanlah lensa kontak yang dapat dipakai lebih lama, artinya tidak harus dilepas saat tidur malam. Saat ini tersedia lensa kontak yang dapat dipakai 7 hari atau bahkan 30 hari berturut-turut tanpa melepasnya.

Bentuk lensa kontak juga bermacam-macam, tergantung pada gangguan penglihatan yang ingin diperbaiki. Beberapa bentuk lensa kontak antara lain adalah :

  • Lensa kontak sferis, berbentuk bundar, digunakan untuk penderita miopia (rabun dekat) atau hiperopia (rabun jauh).
  • Lensa kontak bifokal, lensa kontak yang digunakan untuk melihat dekat sekaligus untuk melihat (mirip dengan cara kerja kacamata bifokal). Lensa ini biasanya digunakan untuk memperbaiki presbiopia, yaitu gangguan penglihatan akibat usia tua.
  • Lensa ortokeratologi, yaitu lensa yang didisain untuk memperbaiki bentuk kornea. Digunakan hanya di malam hari.
  • Lensa kotak torik, digunakan untuk mengoreksi astigmatisma, juga dapat digunakan untuk miopia dan hiperopia.

Selain itu, lensa kontak juga sering dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan, misalnya lensa kontak berwarna untuk memberi efek warna pada mata, lensa kontak untuk memberikan efek khusus misalnya lensa kontak yang jika digunakan terlihat seperti mata kucing, dll. Untuk kesehatan mata, ada pula lensa kontak yang dilengkapi penyaring sinar ultraviolet.