14 Februari 2008

Pembedahan Katarak

Langkah-langkah dalam pembedahan katarak kurang lebih adalah sebagai berikut.

  1. Sebelum pembedahan : ahli mata akan mengukur mata dan menghitung kekuatan lensa yang akan dibutuhkan oleh penderita. Penderita tidak boleh makan atau minum mulai tengah malam jika keesokan harinya akan menjalani operasi.
  2. Selama pembedahan : Sebagian orang memilih tetap sadar selama operasi berlangsung, tetapi sebagian lainnya memilih untuk ditidurkan (sedasi) selama pembedahan. Jika penderita memilih tetap sadar, maka akan diberi anestesi lokal untuk mengebaskan daerah mata dan sekitarnya. Kemudian diberi tetes mata untuk melebarkan pupil . Setelah itu daerah mata dibersihkan. Operasi biasanya berlangsung kurang dari 30 menit dan hampir tidak disertai nyeri. Setelah meninggalkan ruang operasi, mata akan dipasangi pelindung mata dan anda diminta untuk beristirahat beberapa saat. Tim dokter biasanya akan memeriksa apakah timbul masalah, misalnya perdarahan.
  3. Setelah pembedahan : Sebagian besar penderita dapat pulang ke rumah pada hari yang sama setelah pembedahan. Dokter akan memberikan tetes mata atau obat minum. Penderita juga diminta untuk menggunakan pelindung atau kacamata untuk melindungi matanya. Hindari menggosok atau menekan mata. Hindari membungkuk atau mengangkat barang berat karena dapat meningkatkan tekanan dalam mata. Penderita boleh berjalan, naik tangga, atau mengerjakan pekerjaan rumah yang ringan.
  4. Masalah setelah pembedahan : gangguan biasanya jarang terjadi. Gangguan tersebut antara lain infeksi, perdarahan, peradangan, kehilangan penglihatan, pembengkakan kronea, dan lepasnya retina (retinal detachment). Dengan pengobatan medis yang tepat, masalah tersebut dapat segera diatasi.