15 Februari 2012

Adakah obat untuk menyembuhkan asma secara total?

Seorang Sahabat bertanya:


Anak saya menderita asma. Selama ini berobat ke dokter dan diberi beberapa macam obat. Biasanya asmanya akan membaik setelah minum obat tersebut. Tetapi, tidak lama kemudian akan kambuh lagi. Adakah obat untuk menyembuhkan asma secara total?

Biang keladi penyakit asma adalah peradangan berkepanjangan (kronis) pada dinding saluran napas. Akibatnya, dinding tersebut sangat sensitif terhadap pencetus (trigger). Ada berbagai macam pencetus, antara lain asap rokok, batuk pilek, cuaca, keadaan emosional, kelelahan fisik, dan lain sebagainya.



Saat terpapar pencetus, dinding saluran napas akan segera bereaksi. Bentuk reaksinya adalah pembengkakan dinding saluran napas, penyempitan saluran napas, dan produksi dahak yang lebih banyak. Ketiga reaksi ini, secara bersama-sama akan mempersulit keluar masuknya udara dari dan menuju paru-paru. Gejala yang timbul berupa sesak napas dan napas mengik (wheezing).



Hal yang dianjurkan bagi penderita asma adalah pertama-tama mengenali kemudian menghindari faktor yang bisa mencetuskan asma. Setiap orang mempunyai faktor pencetus yang berbeda.



Jika serangan terlanjur terjadi, dokter biasanya akan memberikan obat-obat untuk melebarkan saluran napas dan obat untuk mengurangi bengkak saluran napas serta produksi cairan dahak berlebihan. Obat tersebut misalnya salbutamol, teofilin, deksametason, prednision, dan lain sebagainya.



Perlu diketahui, bahwa obat-obat di atas adalah obat yang bertujuan mengurangi atau menghilangkan gejala yang timbul saat terjadi serangan. Bukan untuk menyembuhkan. Sampai saat ini memang belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan penyakit asma secara permanen.



Jadi, itulah sebabnya pengobatan penyakit asma saat serangan terjadi tidak akan menghilangkan kemungkinan serangan berikutnya.



Semoga bermanfaat ...