24 Februari 2012

Nilai trombosit pada penyakit DBD

Penyakit DBD adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus dengue. Penyakit ini ditandai dengan demam, sakit kepala, mual, muntah, nyeri otot dan sendi, dan gejala lainnya. Pada sebagian kecil kasus, penyakit DBD dapat sedemikian parahnya dan menimbulkan kematian.



Untuk memastikan apakah seseorang terkena DBD, dibutuhkan pemeriksaan laboratorium. Salah satu yang paling sering dilakukan adalah pemeriksaan kadar trombosit.



Kadar trombosit normal adalah 150.000 sampai 400.000. Pada kasus DBD parah, kadar trombosit dapat turun sangat rendah. Kadar trombosit yang turun di bawah 100.000 merupakan pertanda bahaya, dan jika turun di bawah 50.000 dapat berakibat fatal bagi penderita.



Trombosit di produksi di sum-sum tulang. Umurnya sekitar 5 – 10 hari. Fungsi trombosit adalah mencegah keluarnya darah dari pembuluh darah. Jika kadarnya kurang, maka akan terjadi perdarahan, dari ringan sampai berat, tergantung dari nilai trombosit. Akibat dari perdarahan adalah jumlah darah berkurang dan tekanan darah turun. Jika keadaan ini terus berlangsung dan tidak diatasi, maka penderita dapat mengalami kematian.



Oleh karena itu, jika kadar trombosit sangat rendah, dokter biasanya akan melakukan transfusi trombosit untuk mencegah timbulnya perdarahan lebih lanjut.



Demikian Sahabat, semoga bermanfaat.