03 Februari 2012

Bahaya mana, flu burung atau flu babi?

Sebenarnya, kedua jenis flu ini, flu babi (H1N1) dan flu burung (H5N1), sama-sama berbahaya. Keduanya dapat menimbulkan kesakitan dan kematian pada manusia.



Tetapi jika diajukan pertanyaan, paling bahaya mana, maka jawabannya adalah flu burung.



Mengapa? Karena persentase angka kematian flu burung sangat tinggi yaitu sekitar 80%. Arti angka ini adalah, setiap seratus orang yang terkena flu burung, maka sekitar 80 orang akan meninggal.



Untungnya jumlah penderita flu burung relatif tidak besar. Hal ini bisa terjadi karena flu burung hanya menular dari unggas yang terinfeksi ke manusia. Sampai saat ini belum ada bukti penularan dari manusia ke manusia lainnya.



Untuk flu babi, persentase angka kematian hanya sekitar 6%. Jadi setiap 100 orang yang terkena, ada 6 orang yang meninggal. Sangat rendah jika dibandingkan dengan flu burung.



Tetapi, hal yang mengkhawatirkan dari flu babi adalah penyebarannya. Pola penyebaran flu ini sangat cepat dan memakan korban ribuan orang. Penyebabnya, virus flu babi tidak hanya menular dari babi ke manusia tapi juga terjadi menular dari manusia ke manusia.



Penyebaran yang cepat ini pernah memaksa WHO untuk meningkatkan level pandemi flu babi ke level tertinggi (6) pada tahun 2009.



Demikian, semoga bermanfaat.