28 Februari 2012

Penyakit Campak

Campak adalah penyakit yang sangat menular yang disebabkan oleh virus campak. Penyakit ini menular dengan mudah melalui droplet yang keluar dari hidung, mulut atau tenggorokan orang yang terinfeksi. Anak-anak adalah kelompok yang paling banyak tertular oleh penyakit ini.



Gejala awal biasanya timbul setelah 10 – 12 hari pasca masuknya virus ke tubuh. Gejala awal meliputi demam, hidung berair, mata merah, dan bintik putih di dalam mulut. Beberapa hari kemudian, akan timbul bintik merah yang muncul pertama kali di wajah, leher dan kemudian menyebar ke sekujur tubuh.



Sampai saat ini belum ditemukan obat yang dapat membunuh virus campak. Untungnya, pasien akan mengalami perbaikan dengan sendirinya setelah 2 sampai 3 minggu. Obat-obat yang biasa diberikan oleh dokter hanya bertujuan untuk mengurangi gejala, misalnya asetaminofen untuk mengobati demam dan sakit kepala, dan lain-lain.



Walaupun sebagian besar pasien sembuh, pada anak-anak yang kurang gizi dan yang daya tahan tubuhnya lemah, campak dapat menyebabkan komplikasi serius, misalnya kebutaan, infeksi otak, diare berat, infeksi telinga, atau infeksi paru-paru (pneumonia).



Langkah terbaik untuk menghadapi penyakit campak adalah dengan melakukan vaksinasi atau imunisasi. Pada anak, imunisasi diberikan pada usia 9 bulan.



Demikian Sahabat, semoga bermanfaat.