21 Februari 2012

Hipertensi usia muda

Seorang sahabat bertanya:


Umur saya masih 21 tahun, tapi tekanan darah saya jauh di atas normal, yaitu 190/110 mmHg. Mengapa bisa demikian? Bukankah hipertensi umumnya mengenai orang tua saja?

Betul, hipertensi banyak mengenai orang tua, di atas usia 40 tahun. Umumnya, timbul karena kekakuan pembuluh darah. Penyebabnya bisa akibat gaya hidup yang tidak baik, seperti asupan lemak dan gula tinggi, kurang olahraga, dan lain-lain. Tetapi perlu diperhatikan bahwa seringkali penyebab dasar hipertensi jenis ini tidak diketahui.



Tetapi, hipertensi tidak hanya menyerang orang tua. Usia muda pun dapat terkena.



Banyak hal yang dapat menyebabkan hipertensi pada usia muda. Berikut beberapa diantaranya.



Diet

Anak-anak dan remaja yang memiliki kelebihan berat badan lebih rentan terkena hipertensi. Terutama mereka yang suka mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak dan tinggi garam.



Kurang Olahraga

Mereka yang kurang olahraga dan kurang aktifitas fisik cenderung lebih mudah terkena hipertensi. Beberapa penelitian menyatakan bahwa terlalu banyak menonton televisi dan main video game juga dapat menjadi penyebab hipertensi usia muda.



Kurang Tidur

Remaja yang kurang tidur memiliki risiko beberapa kali lebih tinggi untuk terkena hipertensi. Normalnya, remaja membutuhkan tidur sekitar 8 sampai 9 jam sehari.



Genetik atau turunan

Seorang anak atau remaja yang mempunyai orang tua maupun kakek nenek yang menderita hipertensi lebih besar kemungkinan terkena hipertensi dibanding mereka yang tidak. Pada kasus ini, penyakit hipertensi diturunkan melalui gen hipertensi yang terdapat pada kromosom.



Gejala hipertensi, baik pada yang usia muda maupun yang usia tua hampir sama. Penderita biasanya tidak merasakan gejala apapun, paling banter adalah sakit kepala dan nyeri tegang pada tengkuk. Walaupun kadang-kadang timbul gejala yang lebih berat seperti gelisah, lemas, mual muntah, gangguan penglihatan, nyeri dada, dan lain-lain.



Pengobatannya pun hampir sama, yaitu dengan obat-obat antihipertensi. Prinsipnya sebenarnya adalah melakukan kontrol terhadap tekanan darah sehingga penderita terhindar dari efek jangka pendek (stroke, dll) dan jangka panjang (pembengkakan jantung, dll).



Demikian Sahabat, semoga bermanfaat ...