09 Juni 2012

Cara mencegah munculnya jerawat

“Mencegah lebih baik daripada mengobati”. Tampaknya hal ini berlaku juga bagi jerawat. Bahkan, dalam ‘dunia perjerawatan’, mencegah jauuuuuhhhh lebih baik. Kenapa? Karena kalau jerawat sudah terlanjur muncul, besar kemungkinan akan muncul bintik hitam bekas jerawat. Sangat tidak menyenangkan bukan?!



Nah, agar jerawat tidak muncul, silakan simak dan terapkan ‘cara mencegah munculnya jerawat’ berikut:



1. Cuci muka dapat membantu menghilangkan minyak dan sel kulit mati sehingga tidak menyumbat pori-pori. Cuci muka hendaknya dilakukan secara teratur. Selain itu, cuci muka juga sebaiknya dilakukan menjelang tidur untuk menghilangkan kosmetik yang telah digunakan sepanjang hari. Demikian pula setelah olahraga atau bekerja yang mengeluarkan keringat. Walaupun cuci muka sangat bermanfaat dalam mencegah munculnya jerawat, tapi tidak boleh dilakukan terlalu sering. Karena dapat mengiritasi kulit muka dan mengganggu keseimbangan flora normal kulit muka.



2. Jangan sembarang menggunakan produk perawatan wajah. Pilihlah yang berlabel nonkomedogenik. Ketika mengoleskan kosmetik, pakailah alat, hindari mengoleskannya langsung dengan tangan.



3. Jaga kebersihan sarung bantal dan sprei, karena dapat menjadi sarang kuman. Jika kuman tersebut menempel di kulit wajah, akan mudah timbul jerawat.



4. Hindari makanan yang berkadar lemak tinggi seperti kacang-kacangan, coklat, mentega, keju, goreng-gorengan, daging kambing, dan lain-lain.



5. Tidur dan istirahat yang cukup. Kurang tidur dan kurang istirahat serta stres dapat memicu munculnya jerawat.



6. Jangan suka memegang-megang wajah, terutama jika di wajah muncul cikal bakal jerawat.



7. Olahraga secara teratur dan hindari rokok.



Semoga bermanfaat :)



>> Artikel "Cara Mencegah Munculnya Jerawat" <<