03 Juni 2012

Mata sakit

Dok, bebarapa hari ini mata saya sakit. Rasanya perih banget. Kalo pagi hari, susah buka mata dan banyak beleknya. Kelopak mata rasanya ada yang mengganjal. Sakit apa ya Dok, terus apa obatnya?



Sepertinya Sahabat terkena infeksi mata atau dalam bahasa medis disebut konjungtivitis.



Ciri utama penyakit ini adalah mata tampak merah. Terjadi karena infeksi atau peradangan pada bagian putih mata (konjungtiva).



Ciri lain adalah keluar kotoran atau belekan, mata berair, mata rasa berpasir, pandangan kabur, silau, gatal, bengkak kelopak mata. Belekan akan membuat kelopak mata lengket di pagi hari. Biasanya baru bisa dibuka setelah siang hari.



Penyebab paling sering konjungtivitis adalah bakteri , virus, atau alergi. Pada konjungtivitis bakteri, belekan biasanya kental berwarna putih kekuningan. Sedangkan pada yang virus atau alergi, kotoran mata lebih encer dan lebih jernih. Yang membedakan keduanya, pada alergi rasa gatal lebih dominan.



Konjungtivitis akibat bakteri diobati dengan tetes mata yang mengandung antibiotik. Pada bayi dan anak, sebaiknya diobati dengan salep mata antibiotik. Salep lebih mudah diberikan, tetapi dapat mengaburkan pandangan sekitar seperempat jam.



Konjungtivitis akibat virus belum ada pengobatan spesifik. Sakit mata jenis ini biasanya sembuh dalam 2 atau 3 minggu. Pengobatan lebih ditujukan pada gejala, misalnya obat penghilang nyeri, bengkak, dan lain-lain.



Sedangkan konjungtivitis akibat alergi diobati dengan tetes mata yang mengandung antihistamin, kortikosteroid, atau dekongestan. Selain itu, penyebab alergi harus diidentifikasi agar bisa dihindari. Jika tidak, konjungtivitis alergi akan sering berulang.



Semoga bermanfaat ....