17 Juni 2012

Susu Inovasi untuk Kupu-kupu Surga

‘Anak-anak itu kupu-kupu surga’. Oleh karena itu kita harus menjaga agar tetap sehat jasmaninya, baik akhlaknya, dan indah budi pekertinya.



Bagaimana caranya? Dengan memberi makanan sehat bergizi dan pendidikan yang baik.



Pendidikan sangat penting. Karena pendidikan adalah salah satu faktor penentu kebahagiaan anak, masyarakat, dan bangsa di masa mendatang.



Tapi pendidikan saja tidak cukup. Makanan anak harus diperhatikan. Jika anak terganggu pertumbuhannya akibat gizi kurang atau buruk, akan lahirlah generasi lemah dan berkecerdasan kurang, yang akan berdampak pada masa depan bangsa ini.



Golden Age



Dalam rentang kehidupannya, anak memiliki masa-masa terpenting yang akan menentukan kualitas hidupnya kelak. Bahkan saking pentingnya masa itu, para ahli menamainya dengan istilah ‘Golden Age’. Masa tersebut adalah masa di bawah usia enam tahun.



Pada usia emas atau golden age, terjadi tumbuh kembang otak yang sangat pesat. Tumbuh kembang otak meliputi penambahan sel-sel otak dan penambahan jaringan-jaringan antar sel (sinaps). Kedua hal ini diyakini para ahli menentukan tingkat kecerdasan anak. Dengan kata lain, semakin banyak sel otak dan semakin banyak hubungan antar sel otak, semakin cerdas anak.



Pertumbuhan otak tidak terjadi begitu saja. Tapi membutuhkan energi yang sangat besar. Bahkan kebutuhan energinya dua kali lipat dibanding orang dewasa.



Sumber energi paling banyak berasal dari karbohidrat yang dikonsumsi anak sehari-hari.



Isomaltulosa



Salah satu jenis karbohidrat yang dapat menjadi sumber energi otak adalah isomaltulosa. Dibanding dengan karbohidrat biasa, isomaltulosa memiliki banyak keunggulan. Salah satunya adalah karbohidrat ini dapat menyediakan energi dalam jangka waktu lebih lama, sehingga menjamin kesinambungan suplai energi bagi tumbuh kembang otak.





Saat ini, isomaltulosa telah diformulasikan ke dalam susu, yaitu Susu Inovasi Frisian Flag 123 dan Frisian Flag 456. Sumber isomaltulosa pada susu tersebut berasal dari sukrosa tanaman bit, yang telah melewati proses enzimatis dengan bantuan Protaminbacter rubrum.



Manfaat isomaltulosa dalam Susu Inovasi Frisian Flag 123 dan Frisian Flag 456 telah dibuktikan melalui uji klinik yang dilakukan oleh FrieslandCampina bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Pada uji tersebut ditemukan bahwa Susu Inovasi Frisian Flag 123 dan Frisian Flag 456 yang mengandung maltulosa dapat meningkatkan daya ingat anak dan mengurangi penurunan kinerja otak.



Nutrisi Makro dan Mikro



Susu Inovasi Frisian Flag 123 dan Frisian Flag 456 tidak hanya memiliki keunggulan isomaltulosa, tapi juga mengandung beragam nutrisi yang sangat penting bagi anak. Nutrisi makro dalam Susu Inovasi Frisian Flag 123 dan Frisian Flag 456 adalah karbohidrat, protein, serta lemak. Sedangkan nutrisi mikronya antara lain asam lemak esensial, kolin, prebiotik, vitamin C, vitamin E, vitamin D3, dan kalsium. Nutrisi tersebut mempunyai berbagai macam manfaat antara lain membantu tumbuh kembang otak, mempertahankan fungsi saluran cerna, mencegah terbentuknya radikal bebas, membantu memperkuat tulang dan gigi, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.



Kehalalan



Susu murni adalah produk halal. Hanya saja, jika sudah diolah menjadi susu formula, maka kehalalannya harus ditentukan lagi. Alasannya, susu formula telah melewati berbagai macam proses dan telah dicampur dengan bahan-bahan lain.



Lembaga yang menentukan halal tidaknya susu formula adalah Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia, berdasarkan kajian dan pemeriksaan Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI).



Susu formula disertifikasi halal jika diproses dengan cara yang halal dan ditambahkan dengan bahan-bahan yang halal pula.



Susu Inovasi Frisian Flag 123 dan Frisian Flag 456 dengan isomaltulosa telah melewati pengkajian dan pemeriksaan LPPOM MUI dan telah mendapat sertifikasi halal.



Akhir kata



Kembali ke ‘kupu-kupu surga’, marilah kita semua berusaha dan berdoa semoga anak-anak kita benar-benar menjadi kupu-kupu surga, di dunia dan di akhirat. Amin.



Artikel ini diikutsertakan dalam Kontes Blog hasil kerjasama BLOGdetik, LPPOM MUI, dan Frisian Flag.


             




Tag: Susu Inovasi Yang Sehat dan Halal Untuk Pertumbuhan Anak

Bacaan:


  1. Frisian Flag 123 456 – Inovasi Susu Pertumbuhan Pertama di Indonesia dengan Isomaltulosa untuk Gizi Lengkap dan Seimbang. http://www.frisianflag.com

  2. Isomaltulosa Beri Pengaruh Positif Pada Konsentrasi Dan Daya Ingat Anak! http://www.ibudanbalita.com

  3. Frisian Flag 123 456 Dengan Isomaltulosa Diperkenalkan di Surabaya. http://www.frisianflag.com

  4. Mengenal Titik Kritis Haram Pada Susu Olahan. http://www.halalmui.org