12 Juni 2012

Pengertian Hepatitis

Hati atau hepar adalah salah satu organ penting dalam tubuh manusia. Organ ini berfungsi memecah zat makanan, menyimpan energi, menyimpan mineral, menyaring darah, menghilangkan racun (detoksifikasi), dan banyak lagi.



Pengertian Hepatitis. Hati dapat mengalami gangguan. Salah satu yang tersering adalah peradangan hati. Disebut juga hepatitis. Pada peradangan hati, terjadi kerusakan sel hati dan struktur di sekitarnya. Jika berlangsung kronis, sel hati hilang diganti jaringan ikat. Lama kelamaan dapat menjadi kanker hati.



Peradangan hati dapat disebabkan oleh berbagai hal. Paling sering adalah karena virus hepatitis. Virus tersebut terdiri dari berbagai macam tipe, antara lain virus hepatitis A, B, C, D, dan E. Masih banyak jenis yang lain, tapi kelima virus ini menarik perhatian karena memberikan gejala yang lebih parah, dapat menimbulkan kematian, dan potensial menyebar; terutama hepatitis B dan C.



Penyebab lain peradangan hati adalah sel imun tubuh menyerang sel hati (autoimun), obat-obatan (misalnya overdosis parasetamol), racun makanan (aflatoksin), alkohol, atau penyumbatan saluran empedu.



Gejala hepatitis adalah demam ringan, lemas, mual, muntah, nafsu makan hilang, kuning pada kulit dan mata (ikterus), warna kencing seperti teh pekat, kehilangan berat badan, dll.



Pada kebanyakan kasus, hepatitis dapat sembuh sendiri (hepatitis akut), terutama pada hepatitis akibat virus hepatitis A. Pada beberapa kasus lainnya, hepatitis akan terus berlanjut (hepatitis kronis).



Pengobatan hepatitis tergantung penyebabnya. Jika karena virus hepatitis A, maka virusnya biasanya akan lenyap setelah beberapa waktu. Jika karena hepatitis virus B atau C, dipertimbangkan pemberian antivirus dan interferon. Jika sudah terjadi sirosis, maka pengobatan yang banyak dilakukan adalah cangkok hati.



Saat ini, karena tingginya angka kejadian virus hepatitis B di Indonesia, maka pemerintah menyediakan vaksin gratis hepatitis B bagi anak baru lahir.



Demikian artikel ‘Pengertian Hepatitis’ ini, semoga bermanfaat. Terima kasih :)