19 Juni 2012

Minum air putih sehari

Cukup minum air putih sangat penting, karena jika tubuh kekurangan air putih, maka akan berisiko mengalami berbagai macam gangguan.



Orang yang kurang minum air putih cenderung mudah mengalami infeksi saluran kemih, menderita batu ginjal, susah buang air besar, dan gangguan hati (liver). Selain itu, kurang air putih juga dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, dan rasa lelah berlebihan.



Minum air putih sehari. Jadi berapa jumlah air putih sehari dikatakan cukup?



Menurut para ahli, seorang pria hendaknya mengkonsumsi cairan sekitar 3 liter sehari dan seorang wanita sekitar 2,2 liter sehari. Tapi itu jumlah cairan total. Jumlah air putih tinggal disesuaikan dengan jumlah cairan yang masuk ke tubuh dari sumber lain, misalnya teh, kopi, sayuran, buah-buahan, dan lain sebagainya.



Selain jumlah, pola minum juga penting. Sebaiknya sejumlah besar air putih tidak diminum sekaligus atau dalam waktu berdekatan, tetapi terbagi merata sepanjang waktu. Misalnya, segelas setelah makan, diantara waktu makan, saat bekerja, saat dan sesudah olahraga, saat hendak tidur, dan lain-lain.




Bagaiamana mengetahui bahwa kita sudah cukup air putih? Lihatlah warna kencing, jika sudah tidak terlalu pekat, berarti kita sudah cukup mengkonsumsi air putih.



Perlu diingat, jumlah air putih yang diminum juga tidak boleh berlebihan.



Demikian, semoga artikel “Minum Air Putih Sehari” ini bermanfaat, terima kasih :)