09 Juni 2012

Definisi Diabetes Mellitus

Definisi diabetes mellitus adalah penyakit yang ditandai dengan naiknya gula darah di atas normal, yaitu gula darah sewaktu (GDS) di atas 200 mg%, dan gula darah puasa (GDP) diatas 126 mg%.

Berikut beberapa definisi diabetes mellitus dari beberapa situs lain:

Definisi diabetes mellitus dari kidshealth.org:

Definisi diabetes mellitus adalah kondisi dimana tubuh tidak dapat menggunakan glukosa secara normal. Glukosa adalah sumber energi bagi sel tubuh. Kadar glukosa di dalam darah dikontrol oleh hormon yang disebut insulin, yang dibuat oleh pankreas. Insulin membantu glukosa masuk ke dalam sel.

Pada diabetes, pankreas tidak dapat membuat cukup insulin (diabetes tipe 1) atau tubuh tidak berespon secara normal terhadap insulin yang diproduksi (diabetes tipe 2). Hal ini menyebabkan kadar glukosa dalam darah meningkat, sehingga timbul gejala banyak kencing, sangat haus, dan turunnya berat badan.

Definisi diabetes mellitus dari www.who.int:

Istilah ‘diabetes mellitus’ digunakan untuk menggambarkan kelainan metabolik dengan berbagai macam penyebab yang ditandai dengan hiperglikemia dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein. Penyakit ini terjadi akibat gangguan sekresi insulin atau gangguan kerja insulin, atau keduanya. Efek diabetes mellitus meliputi kerusakan jangka panjang, yaitu gangguan pada berbagai macam organ.

Definisi diabetes mellitus daridictionary.reference.com:

Suatu gangguan metabolisme karbohidrat, yang terjadi karena adanya faktor genetik, ditandai dengan produksi atau fungsi hormon insulin yang tidak adekuat sehingga kadar gula darah meningkat dalam darah dan urin, kehausan, berat badan turun, dan pada beberapa kasus dapat terjadi kerusakan pembuluh darah kecil yang menyebabkan komplikasi infeksi dan gangren pada tungkai, serta kebutaan.