09 Juni 2012

Tanda-tanda persalinan sudah dekat

Persalinan adalah puncak dari perjuangan seorang Ibu untuk memperoleh anak. Persalinan biasanya terjadi pada bulan ke-9 atau antara minggu ke-39 dan 41.



Nah, ibu yang berada pada minggu-minggu tersebut dapat melahirkan kapan saja. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tanda-tanda persalinan agak tidak terlambat mendapat pertolongan medis.



Tanda-tanda persalinan sudah dekat antara lain adalah :



1. Nyeri pada selangkangan, panggul, dan pinggang.



Nyeri ini timbul karena bagian bawah janin, umumnya kepala, mulai bergeser ke rongga panggul dan menekan struktur di daerah tersebut.



2. Nyeri perut yang datang teratur.



Mula-mula jarang-jarang dan berlangsung singkat. Kira-kira berjarak sekitar seperempat jam-an. Semakin lama semakin rapat, bahkan ada yang sampai tiap 3 menit. Selain semakin rapat, juga nyeri semakin hebat dan berlangsung lebih lama. Periode diantara dua nyeri biasanya ibu agak merasa enakan sedikit.



Nyeri perut yang datang teratur disebut juga his atau kontraksi. Terjadi akibat gerakan otot dinding rahim yang ‘memeras’ bayi ke arah bawah.



3. Keluar lendir bercampur darah



Lendir yang selama kehamilan menyumbat muara rahim akan keluar. Mengapa bercampur darah? Ketika mulut rahim mulai terbuka, maka selaput yang meliputi bayi akan sedikit memisah dengan dinding rahim sehingga terjadi perdarahan. Darahnyapun biasanya tidak terlalu banyak, jadi jangan khawatir.



4. Pecahnya selaput ketuban



Selaput ketuban berisi air ketuban dan bayi. Pada tahap persalinan, ketuban akan pecah. Tampak sebagai semburan atau rembesan air berwarna bening.



Demikian, semoga bermanfaat :)



>> Artikel: Tanda-tanda persalinan sudah dekat <<