08 Juni 2012

Cara pengobatan cacar air

Dok, anak saya sepertinya terkena cacar air. Timbul bintik-bintik berisi cairan bening di sekujur tubuhnya. Ia juga demam. Bagaimana cara pengobatan cacar air nya ya Dok?



Ada dua prinsip utama dalam pengobatan cacar air, yaitu membunuh virus penyebab cacarnya dan mengurangi gejala penyerta yang timbul. Gejala penyerta antara lain, sakit kepala, demam, gatal, lemas, dan lain-lain.



Untuk melenyapkan penyebab, yaitu virus varicella zoster, dokter akan memberikan obat asiklovir, baik tablet maupun salep. Tablet dianjurkan untuk diminum 5 kali sehari, sedangkan salep dioleskan juga sekitar 5 kali sehari langsung ke lokasi bintik-bintik cacar.



Gejala demam atau sakit kepala diobati dengan obat demam/sakit kepala seperti parasetamol atau ibuprofen, sedangkan rasa gatal diobati dengan antihistamin seperti klorfeniramina maleat, loratadin, dll.



Pada anak-anak, kuku sebaiknya dipotong agar saat menggaruk tidak menyebabkan luka pada kulit yang kena cacar. Hal ini penting untuk menghindari infeksi sekunder oleh bakteri.



Jika terlanjur terjadi infeksi sekunder, yang ditandai dengan adanya nanah, maka dokter akan memberikan antibiotik.



Demikian, semoga artikel 'cara pengobatan caca air' ini bermanfaat, terima kasih :)